Khasiat tanaman AJERAN (Bidens pilosa L) sebagai obat herbal

Khasiat tanaman AJERAN (Bidens pilosa L) sebagai obat herbal

AJERAN

Bidens pilosa L



Tanaman yang merupakan famili dari Compositae (Asteraceae). tumbuhan ini merupakan terna semusim tumbuh tegak bercabang agak banyak, tinggi 0,3-1 m. tanaman asli dari daratan amesika tropis ini , dapat tumbuh sampai ketinggian 2.100 mDPL. Umumnya akan tumbuh liar dikebun, pinggiran jalan dan tanah kosong yang tidak terpelihara, ditempat panas atau agak teduh dan lembab. bentuk batang 4 persegi, berwarna hijau dan ujung batang terkadangmemiliki bulu yang kasar.  Daun terbagi tiga berbentuk bulat telur, pada bagian pinggir daun bergerigi, warna hijau bertangkai daun. Pada pangkal daun terdapat daun kecil-kecil. bunga bertangkai, mahkota bunga berwarna putih, dengan putik bulat berwarna kuning. tanaman ini dapat diperbanyak dengan biji.

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN : akar, daun, dan seluruh bagian tanaman.

SIFAT KIMIAWI DAN EFEK FARMAKOLOGIS : rasa pahit, agak dingin, penurunanpanas (antipiretik), antiradang (anti-inflamasi), menghentikan pendarahan dan melancarkan peredaran darah serta astringen.
KANDUNGAN KIMIA : Phistorein-B

KEGUNAAN : tanaman ini dapat dipergunakan untuk mengatasi Influenza, demam, sakit tenggorokan (yang disebabkan oleh virus), radang usus buntu (acute apendixitis), infeksi hati akut, gastroenteritis (diare), radang selaput otak (Enchepalitis epidemical), Wasir (Haemoroid), gatal-gatal (pruritus), sakit gigi.
PEMAKAIAN : 50-150 gram segar direbus dengan air sebanyak 5 gelas sampai mendidih.

PEMAKAIAN LUAR : Radang kulit bernanah (Pyodermi), gigitan ular, memar terpukul, wasir, gatal-gatal, lumatkan bahansegar untuk dipakai tempat yang sakit, atau rebus dengan air untuk koreng, daun dilayukan diatas api, ditempelkan pada tempat kelainan.

CARA PEMAKAIAN
  • Appendixitis : Ajeran 60-120 gr, bawang putih 30-60 gr direbus,dibagi dalam empat dosis.
  • Aenchepalitis epidemica : Ajeran 15-30 gr, Kemuning 30-90 gr direbus dengan 4 gelas air menjadi 2 gelas,untuk 2 kali minum.
  • sakit gigi daun dikunyah.





No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top